Hukum Bacaan Mim Mati Bertemu Huruf Hijaiyah

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Hukum Bacaan Mim Mati Bertemu Huruf Hijaiyah






Hukum Bacaan Mim Mati Bertemu Huruf Hijaiyah – Apa saja Hukum bacaan mim mati jika bertemu dengan 28 huruf hiaiyah? Nah seperti yang sudah saya pelajari di pondok Darul Huda Ponorogo tempat saya menimba ilmu hukum bacaan tajwid lengkap tajwid, Al-qur’an, hadits, kitab kuning dan lainya bahwa hukum bacaan mim mati itu ada 3 yaitu idghom Mutamasilain/idghom Mislain, Idzhar Syafawi dan Ikhfa’ Syafawi, ketiga-tiganya tersebut memiliki syarat-syarat tersendiri dan juga cara membacanyapun juga berbeda.
Hukum Bacaan Mim Mati Bertemu Huruf Hijaiyah

Menerapkan hukum bacaan mim mati bertemu huruf hijaiyah Nah bagi para ustadz dan ustadzah di sini pasti sudah tahu kana pa saja itu, tapi tidak menutup kemungkinan untuk orang awam yang baru belajar pastinya belum mengerti apa saja hukum bacaan mim mati jika bertemu dengan huruf hiaiyah.  Jika anda merasa lulusan MI, MTS, MA pastinya sudah di ajarkan oleh gurunya masing-masing karena sekolah bernuansa Islami lebih memaukan agamanya seperti halnya di pondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Di pondok anda juga bisa untuk belajar kitab-kitab yang lainya seperti Safinatul Najah, Ilmu fiqih, hadist dan lainya.

Hukum Bacaan Mim Mati/Mim Sukun Dan Contohnya

1.      IKHFAA SYAFAWI
Ikhfaa syafawi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf BA’
Ikhfaa artinya samar sedangkan syafawi bermakna bibir. Ini dikarena kan juga huruf MIM adalah termasuk huruf syafawiyyah yaitu huruf hijaiyah yang disamarkan, jadi apabila MIM sukun bertemu dengan huruf BA’ maka suara mim harus disamarkan antar huruf mim dan ba’ kira-kira dua ketukan sehingga seperti mendengung(ghunnah).

Cara membaca bacaan ihkfaa syafawi
·         Huruf mim di samarkan
·         Disertai dengan mendengung
·         Ada tekanan kira-kira 1 Alif atau dua ketukkan
               Contoh bacaan Ihkfa Syafawi sebagai berikut

Hukum bacaan ikhfaa

2.      Idghom mutamatsilain/Idghom miimi
Idghom mutamasilain di sebut uga sebagai idghom mimi karena huruf mim sukun mati bertemu dengan huruf mim, jadi disebut idghom miimi karena bertemunya kedua huruf mim yang sama setelahnya.
Cara membaca bacaan idghom mutamatsilain adalah dengan cara suara mim sukun dimasukan ke dalam huruf mim yang ada di depanya dengan disertai mendengung.
Contoh bacaan Idghom Miimi
Hukum bacaan mutamasilain

3.      Idzhar Syafawi
Hukum Idzhar Syafawi adalah hukum tajwid yang berlaku apabila huruf Mim Sukun ( مْ ) bertemu dengan semua huruf hijaiyah, kecuali huruf Mim dan Ba.
Izhar artinya jelas/ terang atau tidak berdengung
Syafawi artinya bibir; karena huruf Mim makhrajnya adalah pertemuan bibir bagian atas dan bibir bagian bawah. 
Di dalam istilah ilmu tajwid, Izhar Syafawi adalah melafalkan huruf-huruf yang bertemu dengan Mim Sukun secara jelas dan terang, tanpa disertai dengung (ghunnah). Dan Izhar Syafawi dapat terjadi di dalam satu kata/kalimat, maupun di luar kata/kalimat yang terpisah.
Contoh bacaan Idzhar Syafawi
Hukum bacaan idzhar syafawi



Bagaiamana penjelasan tentang pengertian hukum bacaan mim mati bertemu huruf hijaiyah beserta contohnya, yang bisa anda terapkan ketika membaca Al-Qur’an guna untuk memfasihkan tawid kita dalam membaca Al-Qur’an semoga bermanfaat untuk anda.
Baca juga : Hukum bacaan qalqalah sugra dan kubra






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?