Hukum Bacaan Qalqalah Sugra dan Kubra + Pengertianya

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Hukum Bacaan Qalqalah Sugra dan Kubra + Pengertianya






Hukum Bacaan Qalqalah Sugra dan Kubra + Pengertianya 

Hukum bacaan qalqalah sugro dan kubro dengan contoh beserta penjelasanya secara lengkap, untuk anda yang mungkin sudah lupa bagaimana pelajaran tajwid yang sudah di ajarkan kepada anda ketika di MI, Mts atau MA. Mungkin sahabat Upin sudah membaca artikel tentang hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah yang sudah saya share seblumnya di blog ini. Nah untuk lebih lengkapnya lagi mari kita membahas hukum  bacaan tajwid yang lainya.
Hukum Bacaan Qalqalah Sugra dan Kubra

Pengertian qalqalah secara bahasa artinya getaran suara, gerakan, memantul atau istilah sejenisnya menurut nama dari daerahnya masing-masing, sedangkan untuk istilah qalqalah adalah membunyikan suara/melafalkan huruf hijaiyah dengan suara yang berlebih dari makhroj hurufnya. Qalqalah akan berfungsi ketikan dalam keadaan mati atau mati karena di waqofkan, qalqalah tersebut jika  kit abaca hurufnya masih terdengar bukan hilang tapi terdengar secara perlahan-lahan.

Pembagian Hukum Bacaan Qalqalah Sugra dan Kubra

1.      Pengertian Qalqalah Sughra (قلقله صغرى)

Sugra artinya kecil. Qalqalah sugra terjadi apabila huruf qalqalah itu mati (sukun) pada kata asalnya (pada umumnya terletak ditengah-tengah kata). Cara membaca Qalqalah tersebut yaitu dengan pantulan tidak terlalu kuat.
Contohnya :
يَقْطَعُوْنَيَطْمَعُوْنَيَبْغُوْنَيَجْعَلُوْنَ - يَدْعُوْنَ

2.      Pengertian Qalqalah Kubra (قلقله كبرى)
Kubra artinya besar. Qalqalah kubra, terjadi apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada asalnya. Huruf itu mati karena dihentikan atau diwaqafkan dan berada pada akhir kata. Cara membacanya harus lebih mantap dengan memantulkan suara dengan pantulan yang kuat.
Contoh :
ق : قُلْ اَعُوْذُبِربِّ اْلفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2)

Gimana sahabat Maz Upin sudah bisa kan mempelajari Hukum bacaan qalqalah sugra dan kubra? Bagi anda yang dulunya bersekolah di nuansa Islamic saya rasa cumin mengulangi lagi aja yah, nah semoga bermanfaat yah ilmunya berkah.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?