Hukum Nun Mati Idzhar, Idgham Bighunnah Billaghunnah, Ikhfa dan Iqlab

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Hukum Nun Mati Idzhar, Idgham Bighunnah Billaghunnah, Ikhfa dan Iqlab






Hukum Nun Mati Idzhar, Idgham Bighunnah Billaghunnah, Ikhfa dan Iqlab 

Taukah anda hukum tajwid seperti nun mati dan tanwin jika bertemu 28 huruf hijaiyah? Kami akan memberikan penjelasan dan contohnya juga agar lebih mudah dalam memahami hukum bacaan Al-Qur'an tersebut, nah disini ada beberapa versi jawaban tentang hukum ilmu tajwid ini ada yang mengatakan ada 4 dan 5 kenapa bisa begitu. Dari sumber dalam kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) itu disebutkan ada 5 sedangkan di kitab tuhfatul athfal itu ada 4. Jadi nanti kalau ada pertanyaan tentang hukum tajwid tersebut anda bisa menjawab 4 atau 5 menurut kitab yang sudah anda pelajari.
Hukum Nun Mati Idzhar, Idgham Bighunnah Billaghunnah, Ikhfa dan Iqlab
Hukum Nun Mati Idzhar, Idgham Bighunnah Billaghunnah, Ikhfa dan Iqlab

Di sini yang perlu anda ketahui ada perbedaan hukum bacaan nun sukun dan tanwin itu, menurut dari sumber yang terpercaya antara kitab syifaul janan dan kitab tuhfatul athfal itu hampir sama, cuman letak perbedaanya ada pada bagian idghom , kalau di Syifâ'al-Jinân fî Tarjamah Hidâyah al-Shibyân karangan simbah Ahmad Muthahhar ibn Abdurrahman al-Maraqi al-Samarani pengasuh pondok futuhiyyah mranggen idgham dihitung 2 yaitu idgham bighunnah dan idghom billaghunnah jadi totalnya ada 5 , sedangkan di kitab tuhfatul athfal idgham cuman ada 1 ( tapi nanti di perinnci lagi jadi 2 ) jadi karena idghamnya cuman di sebutkan 1 totalnya ada 4.

Nah apabila anda sudah mengetahui perbedaan antar kedua pendapat ini seharusnya tidak perlu kwatir lagi di antara kedua kitab tersebut sama-sama benarnya jadi anda bisa memilihnya, jika sudah paham mari kita lanjutkan untuk belajar hokum bacaan nun mati dan sukun satu persatu beserta dengan contohnya. Sebelumnya bisa lihat gambar skema di bawah ini.

Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin Ketika Bertemu Huruf Hijaiyah

Perlu anda ketahui bahwa dalam membaca ayat suci Al-Qur’an tidak boleh sembarangan karena jika anda membaca yang salah maka akan mengakibatkan arti dari ayat tersebut juga akan berbeda maka dari itu supaya tidak ada terjadi kesalahan sebaiknya anda mempelajari tajwid seperti belajar mngenal hukum bacaan nun mati atau nun sukun serta tanwin ketika bertemu dengan 28 huruf hijaiyah, simak berikut ini :
1.      Pengertian dan Contoh Idghom bighunnah
Idgham bighunnah adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ya’, nun, mim, dan wawu (ي ن م و) maka hukum bacaannya disebut idghom bighunnah) (إدغام بِغُنَّة yang berarti harus dibaca dengan dimasukkan atau ditasydidkan kedalam salah satu huruf yang empat itu dengan suara mendengung. Seperti contoh dibawah ini :
مَنْ يَقُوْلُ , مِنْ نُوْرٍ , مَنْ مَنَعَ

2.      Pengertian dan Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah
Idgham Billaghunnah adalah Apabila ada nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf lamل) ) dan ra' (ر) maka hukum bacaannya adalah idghom bila ghunnah (إدغام بلاغنًة) yang membacanya dengan cara memasukkan dengan tanpa mendengung. Seperti contoh dibawah ini :
مِنْ رَبِهِمْ , مَنْ لَمْ

3.      Pengertian dan Contoh Idzhar Halqi
Idzhar adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf halqi yakni : hamzah, kha, kho’, ‘ain, ghain , ha ( ء ه ح خ ع غ ) maka hukum bacaannya adalah idzhar halqi yang berarti harus dibaca terang dan jelas seperti contoh idzhar dibawah ini :
من أمََنَ , مِنْهُ , غَفُوْرٌ حَلِيمٌ

4.      Pengertian Ikhfa’ Haqiqi Beserta Contoh
Ikhfa' adalah Apabila ada nunu sukun atau tanwin bertemu dengan huruf yang 15 di bawah ini maka hukum bacaannya adalah Ikhfa’ haqiqi yang cara membacanya adalah samar-samar antara idghom dan idzhar. Huruf Ikhfa’ yang 15 antara lain :
ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك
Contoh Ikhfa’ :
مِنْ جُوْعٍ , مِنْكُم , أَ

5.      Pengertian Bacaan Iqlab dan Contohnya
Iqlab adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (ب) maka hukum bacaannya adalah iqlab (إِقلاب) yang membacanya dengan cara huruf nun atau tanwin itu dibalik atau ditukar menjadi suara mim (م). Seperti contoh iqlab berikut :
سميعٌ بَصِيْرٌ , كِرَامٍ بَرَرَةٍ

Gimana sobat Maz Upin? Itulah tadi 5 Hukum Bacaan Nun mati / sukun dan tanwin jika bertemu huruf hijaiyah yang terdiri dari izhar , idgham bigunnah , idgham billagunnah dan iqlab. Nah dengan begitu anda setidaknya bisa meminimalisir kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, semoga bermanfaat yah ilmu yang saya barikan kepada anda.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?