Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya Lengkap

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya Lengkap






Tata Cara, Praktek dan Bacaan Doa Shalat Tahajud Lengkap – Jika sesuai sunnah sangat bagus sekali sholat tahajud ini dilakukan karena di laksanakan pada tengah malam. Pada pembahasan sebelumnya ada tata cara sholat magrib beserta bacaanya lengkap kini saatnya sahabat Islami kita semua pasti sudah mengenal sholat Tahajud. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sholat Tahajud. Sholat tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari,dimulai seteleh Isya’ hingga terbit fajar atau mejelang subuh.Sahabat islami,untuk mengerjakan sholat Tahajud dianjurkan tidur terlebih dahulu,walaupun tidurnya hanya sebentar.hal ini sesuai dengan makna yang terkandung pada kata “tahajud” yang artinya “Bangun dari tidur”.
Keistimewaan Shalat Tahajud

Keistimewaan Sholat Tahajud 

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya Lengkap:

Sholat Tahajud itu sangat bagus dan dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal tidak terbatas. Hukum dari sholat tahajud adalah Sunah Muakkad yaitu sangat dianjurkan.karena didalam hadist nabi dijelaskan bahwa sholat yang paling utama dikerjakan setelah sholat fardhu adalah sholat Tahajud.karena banyak keutamaan di dunia maupub di akhirat ketika kita mengerjakan shalat Tahajud. Yuk kita simak pembahasan tata cara sholat tahajud lengkap dengan bacaannya berikut ini :

1. Waktu Shalat Tahajud Yang Baik Jam berapa?

  1. Sahabat islami shalat Tahajud terbagi menjadi 3 waktu yaitu :
  2. Sepertiga malam yang pertama yaitu pukul 19.00 hingga pukul 22.00
  3. Sepertiga malam yang kedua yaitu pukul pukul 22.00 hingga pukul 01.00
  4. Sepertiga malam yang terakhir yaitu antara  pukul 01.00 hingga terbit fajar.
  5. Tetapi waktu yang paling utama adalah sepertiga malam terakhir.

2. Bacaan niat sholat tahajud beserta artinya

Sebenarnya tata cara mengerjakan sholat Tahajud adalah sama dengan sholat fardhu,baik gerakan maupun bacaannya,perbedaannya terletak pada niatnya. Niat sholat Tahajud adalah sebagai berikut :
“ Ushallii sunnatat tahajjuddi  rak’aataini lllahi ta’aala.”

3. Do’a Sholat Tahajud 

Do'a setelah shalat tahajud adalah sebagai berikut :


.اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ 

allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

4. Keutamaan Sholat Tahajud

Sahabat islami Sholat Tahajud merupakan salah satu sholat malam yang memiliki banyak keutamaan, baik keutamaan untuk dunia maupun akhirat. Keutamaan sholat tahajud antara lain sebagai berikut
  • Dikabulkannya doa-doa kita
  • Shalat yang paling utama
  • Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang melakukan qiyamul lail
  • Akan mendapatkan tempat yang terpuji
  • Akan dicintai oleh hamba Allah dan manusia
  • Akan memperoleh keringanan pada saat di hisab
  • Wajahnya akan tampak berseri ketika bangkit dari kubur.

Sahabat islami melihat begitu tingginya nilai manfaat sholat Tahajud bagi kita semua semoga kita diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk mengerjakaannya.Agar kita selalu mendapat nikmat serta Ridho dari Allah SWT.

Demikian Artikel tentang cara sholat tahajud dan niatnya lengkap keutamaan dan waktu bacaan doa, semoga artikel ini memberi manfaat bagi kita semua terimakasih sudah membaca tata cara sholat tahajud dan bacaannya lengkap dan doanya yang benar.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?