Tata Cara Sholat Jamak Yang Benar

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata Cara Sholat Jamak Yang Benar






Tata Cara Dan Bacaan Niat Sholat Jama’ – Sholat jamak qoshor dan takhir memang ada perbedaan dan akan kami bahas secara detail di artikel ini, pastinya kita semua pernah bepergian jarak jauh,misalnya rekreasi,karya wisata,bersilaturhmi,atau keperluan lainnya.Terkadang juga kita mengalami cobaan seperti sakit,hal itu menyebabkan kita kesulitan untuk melakukan ibadah shalat.padahal shalat merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

Sahabat Islami,Allah SWT tidak pernah membebankan sholat kepada umatnya.oleh karna itu Allah senantiasa memberikan kemudahan-kemudahan bagi kita untuk menjalankan sholat 5 waktu dengan tertib.seperti saat kita bepergian jauh atau sedang sakit keras kita dapat menjamak sholat.
Tata cara Sholat Jama
Tata cara Sholat Jama

Sholat Jama’ adalah adalah salat yang digabungkan, maksudnya menggabungkan dua salat fardu yang dilaksanakan pada satu waktu.Shalat yang boleh dijamak atau dikumpulkan dalam satu waktu adalah shalat zhuhur dengan ashar, serta shalat maghrib dengan isya. Adapun shalat subuh, tidak bisa dijamak.Hukum mengerjakan salat Jamak adalah mubah (boleh) bagi orang-orang yang memenuhi persyaratan.
Sahabat islami,Shalat Jama' ini boleh dilaksankan karena beberapa alasan (halangan) seperti  berikut ini :
  1. Dalam perjalanan jauh minimal 81km (menurut kesepakatan sebagian besar imam mahdzhab).
  2. Perjalanan itu tidak bertujuan untuk maksiat.
  3. Dalam keadaan sangat ketakukan atau khawatir misalnya perang, sakit,  hujan lebat, angin topan dan bencana alam.
Sahabat Islami, Salat jamak dapat dilaksanakan dengan dua cara yaitu :
1.    Jamak Takdim (jamak yang didahulukan),yakni menjamak dua salat yang dilaksanakan pada waktu yang pertama. Misalnya menjamak salat duhur dengan asar, dikerjakan pada waktu duhur ( 4 rakaat salat duhur dan 4 rakaat salat asar) atau menjamak salat magrib dengan ‘isya dilaksanakan pada waktu magrib (3 rakaat salat magrib dan 4 rakaat salat ‘isya).
2.    Jamak Ta’khir (jamak yang diakhirkan), yakni menjamak dua salat yang dilaksanakan pada waktu yang kedua. Misalnya menjamak salat duhur dengan asar, dikerjakan pada waktu asar atau menjamak salat magrib dengan ‘isya dilaksanakan pada waktu ‘isya.
Dalam melaksanakan salat jamak takdim maka harus berniat menjamak salat kedua pada waktu yang pertama, mendahulukan salat pertama dan dilaksanakan berurutan, tidak diselingi perbuatan atau perkataan lain. Adapun saat melaksanakan jamak ta’khir maka harus berniat menjamak dan berurutan. Tidak disyaratkan harus mendahulukan salat pertama. Boleh mendahulukan salat pertama baru melakukan salat kedua atau sebaliknya.

Tata Cara Sholat Jama’ Taqdim

Apabila kita menjama’ taqdim sholat dzuhur dengan ashar adalah sebagai berikut:
” Saya niat salat salat dzuhur empat rakaat digabungkan dengan salat asar dengan jamak takdim karena Allah Ta’ala”
2)   Takbiratul ihram
3)   Salat dzuhur empat rakaat seperti biasa.
4)   Salam.
5)   Berdiri lagi dan berniat salat yang kedua (ashar), jika dilafalkan sebagai berikut:
 “ Saya niat salat ashar empat rakaat digabungkan dengan salat duhur dengan jamak takdim karena Allah ta’ala.
6)   Takbiratul Ihram
7)   Salat ashar empat rakaat seperti biasa.
8)   Salam.
Catatan: Setelah salam pada salat yang pertama harus langsung berdiri,tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdo’a, bercakap-cakap dan lain-lain).apabila yang di jama’ adalah sholat maghrib dengan ‘isya maka hanya tinggal mengganti niatnya.

Tata Cara Melaksanakan Salat Jamak Takhir

Misalnya salat dzuhur dengan ashar boleh shalat dzuhur dulu empt rakaat kemudian salat ashar empat rakaat, dilaksanakan pada waktu ashar.
Tata caranya sebagai berikut:
1)   Berniat menjamak salat magrib dengan jamak ta’khir. Bila dilafalkan yaitu:
2)  “ Saya niat salat salat dzuhur empat rakaat digabungkan dengan salat ‘shar dengan jamak ta’khir karena Allah Ta’ala”
3)   Takbiratul ihram
4)   Salat dzuhur empat rakaat seperti biasa.
5)   Salam.
6)   Berdiri lagi dan berniat salat yang kedua (ashar), jika dilafalkan sebagai berikut;
7)  “ Saya berniat salat ashar empat rakaat digabungkan dengan salat dzuhur dengan jamak ta’khir karena Allah Ta’ala.”
8)   Takbiratul Ihram
9)   Salat ashar empat rakaat seperti biasa.
10)    Salam.
apabila yang di jama’ adalah sholat maghrib  dengan ‘isya  maka hanya tinggal mengganti niatnya.
Sahabat Islami,Demikianlah tentang tata cara sholat jamak taqdim dan jamak takhir yang baik dan benar semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. 






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?