Tata cara Sholat Jenazah Dan Bacaanya

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata cara Sholat Jenazah Dan Bacaanya






Tata cara dan bacaan beserta do’a sholat jenazah- Sahabat Islami,di dunia ini pasti ada kelahiran dan ada kematian.setiap orang yang hidup pasti akan meninggal dunia.apa saja yang kita lakukan ketika ada saudara kita yang meninggal dunia?tentunya kita harus mengurus jenazah tersebut sesuai dengan syariat islam.salah satunya adalah menshalatkan jenazah.untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sholat jenazah.
Tata cara Sholat Jenazah

Tata cara Sholat Jenazah


Sholat jenazah adalah shalat yang dikerjakan ketika ada salah satu umat muslim yang meninggal dunia. Kewajiban melaksanakan ibadah ini berdasar hukum Fardhu Kifayah,yang artinya bila tidak dikerjakan atau diwakilkan kepada yang lain, maka keluarga almarhum / almarhumah akan menanggung dosa. Sebelumnya silahkan baca juga Cara Memandikan Jenazah.

Niat shalat jenazah untuk mayat laki-laki :
“Ushallii alaa hadzal mayyiti arba’a takbiiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’alaa”.
Artinya:
Aku niat shalat atas mayit ini empat takbir fardhu kifayah karena Allah.

Niat shalat jenazah untuk mayat perempuan :
“Ushallii alaa haadzihil mayyiti arba’a takbiiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa”.
Tata Cara Shalat Jenazah :
  1. Bacakan Niat
  2. Takbir Pertama
  3. Setelah takbiratul ihram, yakni setelah mengucapkan “Allahu akbar” sambil meletakan tangan kanan di atas tangan kiri di atas perut (sidekap), kemudian membaca suarah Al-Fatihah.
  4. Setelah selesai membaca Al-Fatihah lalu takbir “Allahu akbar”
  5. Setelah takbir, kemudian dilanjut dengan membaca shalawat

“Allahumma shalli ‘alaa Muhammad”.
Lebih sempurna lagi jika membaca shalawat sebagai berikut:
Allahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin. Kamaa shallaita ‘alaa Ibrahim wa ‘allaa aali Ibrahim. Wa baarik ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalii Muhammad. Kamaa baarakta‘alaa Ibrahim wa ‘alaa aali Ibrahim fil-‘aalamiina innaka hamiidummajid.
Artinya:
“Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad dan atas keluarganya, sebagaimana Tuhan pernah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad dan para keluarganya,sebagaimanaTuhan pernah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan para keluarganya.Di seluruh alam ini Tuhanlah yang terpuji Yang Maha Mulia.”

6. Setelah takbir ke tiga, membaca doa di bawah ini :
“Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa 'aafihi, wa'fu 'anhu, wa akrim nuzuulahu, wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar”.
Artinya :”Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia,  ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka”.

7. Setelah takbir ke empat, membaca doa di bawah ini :
“Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu, walaa taftinnaa ba'dah”.
“Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya”.

8. Setelah membaca doa takbir ke empat, bacala salam.
“Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh”.
Sahabat Islami,demikianlah tentang tata cara dan bacaan sholat Jenazah.walaupun kita belum pernah melakukannya akan tetapi kita tahu dan paham tentang tata cara sholat jenazah.karena suatu saat kita pasti akan diminta untuk ikut sholat jenazah.semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Untuk ilmu pengetahuan saja anda bisa membaca tata cara shalat terawih saat puasa ramadhan.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?