Tata Cara Tayamum, Niat, Dalil Dan Bacaanya Secara Lengkap

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata Cara Tayamum, Niat, Dalil Dan Bacaanya Secara Lengkap






Tata cara tayamum, niat, dalil dan bacaanya secara lengkap

Anda pernah berpergian ke suatu tempat yang jauh dari jangkaun wilayah penduduk bahkan anda anda tidak menemukan sesuatu seperti air untuk berwudlu padahal anda sudah waktunya melaksanakan shalat sabagai kewajiban anda untuk melaksanakan shalat, biasanya jika anda sedang dalam perjalanan jauh melebihi dari 80 km diperbolehkan untuk melakukan jamak pada setiap waktu shalat anda jadi anda boleh menggabungkan antara 1 shalat dengan shalat yang lainya seperti dzuhur dengan asyar, magrib dengan isya’ khusus subuh tidak boleh ya.
Tata Cara Tayamum, Niat, Dalil Dan Bacaanya Secara Lengkap

Tata Cara Tayamum Dan Bacaanya 


Apa itu  tayamum? Pengertian tayamum secara bahasa adalah al-qosdu yang artinya bermaksud tujuan atau memilih, sedangkan secara istilah tayamum adalah tata cara bersuci dari hadast kecil dan besar dengan mengusap wajah dan tangan menggunakan shoid yang bersih dan suci. Disini ada kata-kata shoid yang artinya adalah seleuruh permukaan bumi yang dapat digunakan untuk bertayamum yang berupa tanah maupun debu. Nah sudah jelas bukan pengertian secara bahasa dan istilah tentang tayamum sekarang saatnya kita membahas dalil, niat, tata cara dan bacaan tayamum disertai doa-doa nya sebagaiberikut :

Dalil Tayamum Dalam Al Quran
Sebelum membahasa lebih jauh sebaiknya kita melihat dalil-dalil tayamum tersebut sebagai berikut :
Firman Allah QS, Al-Maidah:6
“Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berhubungan badan dengan perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan permukaan bumi yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu”. (Qs. Al Maidah: 6).
Dalil dari nab, sabda Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam dari sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman rodhiyallahu ‘anhu.
Tanah yang suci adalah wudhunya muslim, meskipun tidak menjumpai air sepuluh tahun”. (Abu Daud 332, Turmudzi 124 dan dishahihkan al-Albani).

Niat Tayamum Dan Artinya
Niat tayamum bahasa Indonesia
Nawaitut tayammuma listibaahatish shalaati fardhan lillaahi ta'aalaa
Artinya :
Aku niat bertayammum untuk mengerjakan sholat , fardhu karena Allah ta'ala."

Tata Cara Tayamum Dan Bacaannya
Nah untuk tata caranya ini bisa anda lakukan dimanapun bisa di bus pesawat diperjalanan dan dimanapun anda berada ketika memang anda tidak bisa menemukan air di tempat tersebut disinipun ada beberapa pendapat kadang di NU dan Muhammadiyah itu beda tapi disini saya jelaskan secara netral saja agar tidak ada terjadinya konflik yang mendalam.
Tata Cara Tayamum Yang Benar Sesuai Sunnah
  • Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan tanah sekali  kemudian meniupnya.
  • Mengusap punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
  • Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
  • Semua usapan dilakukan sekali.
  • Bagian tangan yang diusap hanya sampai pergelangan tangan saja
  • Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil
  • Tidak wajibnya tertib atau berurutan ketika tayammum

Hikmah Dari Melaksanakan Tayamum
Diantara hikmah tayyamum adalah untuk menyucikan diri kita dan agar kita bersyukur dengan syari’at ini. Sehingga semakin nampak kepada kita bahwa Allah sama sekali tidak ingin memberatkan hamba-Nya. Setelah menyebutkan syariat bersuci, Allah mengakhiri ayat tersebut dengan firman-Nya:
Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak menyucikan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Qs. Al Maidah: 6).

Bagaimana sobat tentang tata cara tayamum dan bacaanya ? apakah bermanfaat untuk anda yang sedang mengerjakan tugas atau memang sedang bepergian yang jauh ke plosok desa sehingga tidak menemukan air setetespun, semoga bermnafaat untuk anda jangan lupa untuk membaca artikel lainya tentang tata cara shalat taubat disertai bacaan lengkapnya terimakasih.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?