Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an







Pada pertemuan kita kali ini akan membahas perbedaan mad silah qasirah dengan mad silah tawilah dan beberapa contoh bacaan mad silah qasirah dan mad silah tawilah serta pengertian dan syarat-sarat terjadinya.

A. Mad Silah Qasirah

Pengertian Mad Silah Qasirah Adalah: Mad yang terjadi apabila "Ha Dhamir" Berada diantara dua huruf yang berharokat (bukan huruf mati) dan (ﻪ/ﻩ) tersebut huruf yang berharakat dan tidak disambungkan dengan huruf berikutnya, dan tidak bertemu dengan hamzah yang berharakat. Cara Membaca Mad Silah Qasirah Adalah Dipanjangkan sampai satu 2 harokat ( dua ketukan). Berikut Contoh Mad Silah Qasirah:

  • ﺍﻧﻠﻘﻭﻝ: innahuu laqaulun
  • ﻠﺭﺑﻠﻜﻧﻭﺩ: li rabbihii lakanuudun
  • ﻓﺎﻣﻫﺎﻭﻴﺔ: faummuhuu haawiyatun

B. Mad Silah Tawilah

Pengertian Mad Silah Tawilah Adalah: mad yang terjadi jika “ha dhamir” (kata ganti) bertemu huruf hamzah yang berharokat dan huruf sebelum "ha dhamir" tersebut juga berharokat. Cara Membaca Mad Silah Tawilah Adalah Dipanjangkan 4 harokat (4 ketukan) atau 5 harokat (5 Ketukan). Berikut Contoh Mad Silah Tawilah:

  • ﻪﺍﺯﻭﺍﺠﺎ: bihii azwaaja
  • ﻋﻧﺪﻩﺍﻻ: ‘indahuu illa
  • ﻭﺛﺎﻗﻪﺍﺣﺩ: watsaaqahuu ahad


Jadi dapat diambil kesimpulan, bahwasanya perbedaan mad silah qasirah dan mad silah tawilah adalah jika mad silah qasirah tidak bertemu hamzah sedangkan mad silah tawilah bertemu dengan hamzah.

Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an. Berikut ini contoh surat Al-baqarah ayat 255 (ayat kursi). Untuk yang dibundari warna merah adalam mad silah qasirah dan warna biru adalah mad silah tawilah:

Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an
Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an
Sekian pembahasan kita kali ini tentang Contoh Mad Silah Qasirah dan Mad Silah Tawilah Dalam Al qur'an. Semoga dapat bermanfaat.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?