Macam Macam Shalat Sunnah dan Waktu Pelaksanaannya

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Macam Macam Shalat Sunnah dan Waktu Pelaksanaannya







Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas macam-macam shalat sunah dan waktu pelaksanaannya. Sedangkan pengertian shalat sunah itu sendiri adalah shalat yang di anjurkan untuk dilaksanakan, apabila dilaksanakan mendapat pahala dan apabila tidak dilaksanakan tidak apa-apa.

Semua shalat yang disunahakan itupun mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Dan apabila kamu mengetahui manfaatnya, maka kamu akan semakin semangat melaksanakan atau mengamalkan shalat sunah tersebut. Tetapi kali ini kita akan membahas macam-macam shalat sunah beserta waktu pelaksaannya.

Macam Macam Shalat Sunnah dan Waktu Pelaksanaannya
Macam Macam Shalat Sunnah dan Waktu Pelaksanaannya

Macam Macam Shalat Sunnah dan Waktu Pelaksanaannya:

1. Shalat sunah rowatibShalat rawatib adalah: sholat yang mengiringi shalat fardu. Shalat rawatib itu dibagi menjadi 2 shalat rawatib muakad (sering dilaksanakanoleh nabi Muhammad SAW) dan shalat rawatib ghairu muaakad (Terkadang dilaksanakan oleh nabi).Waktu shalat sunah rawatib muakad adalah:
  • 2 rokaat sebelum subuh
  • 2 atau 4 rokaat sebelum duhur
  • 2 atau 4 rakaat setelah duhur
  • 2 rakaat setelah magrib
  • 2 rakaad setelah isak
Waktu shalat sunah rawatib ghairu muakad adalah:
  • 2 atau 4 rakaad sebelum ashar
  • 2 rakaat sebelum magrib
  • 2 rakaat sebelum isyak

2. Shalat tarawihShalat tarawih adalah shalat malam yang di lakukan pada bulan ramadhan. Sedangkan melaksanakan shalat tarawih adalah dibulan ramadhan dan waktunya setelah melakukan shalat isya' sampai waktu fajar. Jadi jika anda ingin melakukan shalat tarawih di bulan ramadhan, maka hendaknya melakukan shalat isya' terlebih dahulu.

3. Shalat WitirShalat sunah witir adalah shalat yang dilakukan sebagai penutup shalat malam. Untuk waktu pelaksanaannya adalah setelah selesai melakukan sholat malam. Jadi jika selesai malakukan shalat tarawih dan tidak berniat untuk melakukan shalat malam lagi, maka disunahkan shalat witir. Tetapi jika ingin melakukan shalat malam lainnya seperti shalat tahajud, maka shalat witir dilakukan shalat tahajud saja.

4. Shalad 'IedShalat 'ied adalah shalat di 2 hari raya (idul fitri dan idul adha). Sedangkan waktu pelaksanaannya adalah setelah terbitnya matahari hingga tergelincirnya matahari (mulai waktu dhuhur).

5. Shalat HajatShalat hajat adalah shalat ingin meminta sesuatu. Sedangkan waktu pelaksanaan shalat sunah hajat ini boleh siang atau malam, pagi atau petang. tetapi lebih baik jika dikerjakan malam hari (waktu tengah malam) karena lebih sunyi dan terhindar dari hingar bingar kehidupan dunia.

6. Shalat TahajjudShalat tahajjud adalah sebaik-baiknya shalat sunah. Sedangka waktu mengerjakan shalat sunnah tahajjud dikerjaan malam setelah waktu isya sampai sebelum masuk subuh. Waktu malam dapat dibagi menjadi 3 bagian,- Sepertiga Malam Pertama, pukul 19.00-22.00- Sepertiga Malam Kedua, pukul 22.00-01.00- Sepertiga Malam Ketiga, pukul 01.00 sampai masuk waktu subuh merupakan waktu utama yang disarankan.

7. Shalat IstiqarahShalat Istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan untuk memohon petunjuk Allah jika kita dihadapkan di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau memutuskannya. Misalkan, memilih jodoh, sekolah, perusahaan tempat bekerja mana yang lebih baik dan lainnya. Waktu mengerjakan Shalat Sunnah istikharah boleh kapan saja, lebih utama dilakukan pada 2/3 malam. Dua pertiga malam hari akan lebih sunyi dan khusyu'.

8. Shalat DhuhaWaktu shalat dhuha dimulai dari matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggalah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.

9. Shalat TaubatShalat Taubat adalah shalat untuk memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa. Dan tidak meneruskan atau mengulangi perbuatan dosa. Waktu mengerjakan Shalat Sunnah Taubat adalah bebas-kapan saja, kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat.

10. Shalat IstisqaShalat istisqa adalah sholat meminta hujan. Sedangkan pelaksanaannya adalah ketika kemarau panjang dan membutuhkan hujan. Boleh dilakukan diwaktu siang atau malam, pagi atau petang.

11. Shalat Tahiyatul MasjidShalat tahiyatul masjid asalah shalat menghormati masjid. Shalat ini dilakukan ketika baru memasuki masjid.

12. Sholat Sunah WudhuShalah sunah whudu atau shalat syukrul whudu adalah sholat yang dilakukan setelah berwudhu.

13. Shalat JenazahShalat jenazah hukumnya fardu kifayah. Jadi apabila sudah ada yang menshalati, maka orang yang ingin menshalatinya lagi hukumnya sunah.

14. Shalat Sunah MutlakShalat sunah mutlak adalah shalat yang diniati shalat sunah. sedangkan waktu pelaksanaannya adalah sewaktu-waktu kecuali waktu yang diharamkan melakukan shalat.

15. Shalat TasbihShalat tasbih adalah shalat penghapusdosa. Dosayang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). Waktu pelaksanaannya adalah siang atau malam hari.

16. Shalat Gerhana Matahari dan Gerhana BulanShalat gerhana adalah sholat yang dilakukan ketikamelihat gerhana. Baik gerhana matahari atau gerhana bulan.

Itulah beberapa shalat sunah dan waktu pelaksanaannya. Bagi kamu yang ingin membaca artikel tentang shalat sunah dan shalat wajib, bisa kli di sini Tata Cara Shalat Lengkap






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?