Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya






Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya - Pada kesempatan kali ini, maz upin akan melengkapi artikel tentang ilmu tajwid. Sebagai seorang muslim yang baik, kita juga diwajibkan untuk mempelajari bebagai macam ilmu tentang islam, salah satunya yaitu ilmu tajwid.

Karena sebelumnya kita sudah membahasa Hukum Bacaan Mad Lengkap, Maka kali ini kita akan membahas salah satu cabang dari hukum mad yaitu hukum bacaan mad layyin beserta contoh-contohnya.

Sebelum membahas hukum bacaan mad layyi dan contohnya, silahkan baca juga Macam-macam Waqaf dan Contohnya.

Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya
Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya

Hukum Bacaan Mad Layyin Dan Contohnya:

Mad layyin atau juga biasa disebut mad lin secara bahasa artinya lunak atau juga bisa disebut miring

Hukum bacaan mad layyin terjadi ketika huruf berharakat fathah atau dhammah bertemu huruf ya (ي) atau wau (و) sedangkan setelahnya ada huruf yang dimatikan karena waqaf (berhenti). Jadi apabila setelahnya lebih dari satu huruf tidah bisa dikatakan mad layyin.

Mad layyin juga dapat berfungsi ketika waqof yang telah ditentukan sperti akhir ayat ataupun tanda waqof lainnya. Atau juga bisa berfungsi ketika kita memutuskan bacaan ditengah-tengah ayat karena beberapa faktor seperti kehabisan nafas dan lain sebagainya.

Cara membaca mad layyin adalah dengan membaca huruf yang berharakat fathah atau dhommah terlebih dahulu, langsung disambung dengan wau sukun atau ya' sukun dan kemudian diakhiri dengan huruf sesudahnya yang di matikan karena waqof. Panjang bacaan mad layyin bisa di panjangkan 2, atau 4 atau 6 harakat.

Contoh mad layyin:

1. َاَلْبَيْت     Dibaca: Albaiiiiiits
2. َيَوْم        Dibaca: Yauuuuuum
3. َالنَّوْم      Dibaca: Annauuuuuum
4. ِهَذَاالْبَيْت Dibaca: Hadzal Baiiiiiits

Contoh mad layyin dalam Al-Qur'an:

QS. Quraisy : 4
(QS. Quraisy : 4)

QS. Arrahman : 17
(QS. Arrahman : 17)

Perlu diingat..!!! Bahwasannya hukum mad layyin terjadi dalam satu kalimat dan huruf setelahnya adalah huruf terakhir yang dibaca mati karena waqaf. Baik waqaf yang sudah dientukan maupun waqaf ditengah-tengah ayat karena beberapa faktor seperti kehabisan nafas.

Itulah penjelasan dari maz upin tentang hukum bacaan mad layyin dan contohnya. Bagi anda yang ingin membaca penjelasan lain tentang ilmu-ilmu tajwid silahkan baca Ilmu Tajwid Lengkap. Sekian dari maz upin, semoga bermanfaat untuk kita semua, wassalam.






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?