Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita






Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita - Mandi wajib merupakan salah satu hal yang paling penting dipelajari oleh semua wanita muslim. Baik setelah haid, setelah nifas (melahirkan) ataupun setelah berhubungan, tata cara mandi junub nya sama saja. Seperti yang telah kita ketahui mandi wajib adalah mandi yang bertujuan untuk menghilangkan hadats besar dengan cara membasuh (mengalirkan air) keseluruh tubuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Tata cara mandi wajib sebenarnya tidaklah rumit. Hanya cukup niat mandi wajib kemudian menyiram air keseluruh tubuh. Tapi, bagi kamu yang ingin mengetahui secara rinci tentang Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita, silahkan lanjutkan membaca pada artikel dibawah ini.
Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita
Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita

Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Wanita

Syarat sah mandi wajib yaitu niat dalam hati. Niat mertujuan untuk membedakan antara mandi wajib dengan mandi pada umumnya. Untuk niat cukup didalam hati. Lafad niat mandi wajib adalah sebagai berikut:
Nawaitu Ghusla Liraf'ill Hadatsil Akbari Fardhal Lillahi Ta'ala

Artinya: "Saya mandi wajib untuk menghulangkan hadats besar karena Allah Ta'ala".

Rukun mandi wajib yaitu mengguyur air keseluruh badan, mengguyur kepala 3 kali dan mengguyur bagian tuuh lainnya. Jika rukun tersebut terpenuhi, maka mandi junub dianggap sah. Begitu juga bagi kamu yang mandi menggunakan pancuran atau shower dan airnya mengenai seluruh tubuh secara rata, maka bisa juga dianggap sah.

Sedangkan kesunahan mandi wajib adalah berwhudu sebelum mandi, berkumur-kumur, memasukkan air kedalam hidung, menggosok-gosok seluruh badan.

Sedangkan tata cara mandi wajib secara sempurna adalah sebagai berikut.

  1. Disunahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam bejana atau sebelum mandi
  2. Membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri
  3. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan ke tanah atau dengan menggunakan sabun
  4. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak salat
  5. Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut
  6. Memulai mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri
  7. Menyela-nyela rambut
  8. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri
Itulah tata cara mandi wajib yang benar bagi wanita baik setelah haid, melahirkan maupun setelah bersetubuh. Sebelum diakhiri, silahkan baca juga Tata Cara Tayamum Lengkap. Sekian dari maz upin, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Wassalam






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?