Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan






Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan - Pada kesempatan kali ini maz upin akan mengajak anda untuk membahas bab jenazah. Karena melihat fenomena di sekitar kita banyak sekali orang yang bingung ketika keluarganya ada yang meninggal. Padahal dalah hal memandikan jenazah dan mengkafani jenazahsebaiknya dilakukan sendiri oleh keluarganya.

Oke langsung saja, sebelumnya silahkan membaca Cara Memandikan Jenazah Beserta Doanya disini. Karena sebelum mengafani, jenazah harus dimandikan terlebih dahulu. Jika sudah selesai membaca bab mengkafani jenazah ini silahkan baca juga Cara Mensholati Jenazah Beserta Doanya. Selanjutnya, silahkan meneruskan membaca tata cara mengkafani jenazah sebagai berikut:

Tata Cara Mengkafani Jenazah
Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan

Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan:

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin mengkafani jenazah. Jadi langsung saja, silahkan simak dengan teliti:

Ukuran kain kafan


  • a. Kafan 2 lapis dengan panjang @ 2,5 m X lebar kain + 0,5 m lebar potong kain. Total 7,5 meter
  • b. Baju dengan panjang 2,5 meter, diambil 2/3 dari lebar. Sisanya 1/3 untuk sorban. Total 2,5 meter
  • c. 1,5 meter untuk lengan baju, 2/3 dari lebar untuk baju. Sisanya 1/3 untuk anak baju. Total 1,5 meter
  • d. 1 meter untuk sal atau selendang. Total 1 meter
  • e. 1,5 meter untuk ikat pinggang (1/3 dari lebar). Total 1,5 meter

Langkah-langkah mengkafani


  1. Disunahkan mengkafani jenazah pria dengan tiga lipatan kain berwarna putih dan tidak transparan serta menutupi seluruh tubuhnya dengan tanpa berlebihan. Adapun jenazah wanita maka ia dikafani dengan lima jenis pakaian yaitu: sehelai kain izar(sarung), cadar, jubah dan dua lipatan kain kafan. Adapun anak kecil maka cukup menggunakan satu jubah walaupun dibolehkan tiga dan bayi menggunakan satu pakaian dan dua lipatan kain kafan.
  2. Dianjurkan untuk memberi wangi-wangian. Rasulullah SAW bersabda: "jika kalian telah memakaikan wewangian pada kafan jenazah, maka ganjilkanlah bilangannya"
  3. Setiap lipatan kain kafan tersebut diupayakan agar terpisah dan antara kafan yang satu dengan lainnya diberi wewangian seperti parfum.
  4. Tubuh jenazah diletakkan terlentang diatas kain kafan, lalu ujung kain sebelah kiri ditarik membungkus tubuh jenazah ke arah sebelah kanan, kemudian ujung sebelah kanan ditarik di atas kain sebelumnya ke arah sebelah kiri, kemudian kafan yang kedua dan ketiga demikian pula. Kemudian ujung bagian kepala diikat agar tidak terlepas namun saat dikuburkan ikatan tersebut dilepaskan kembali.
  5. Seharusnya kain kafan menutupi seluruh tubuh sang mayat, namun jika tidak cukup maka kepalanya ditutup, dan bagian kaki ditutupi dengan daun Idzkhir (nama tumbuhan). Berdasarkan perkataan Khabab yang menceritakan bagaimana mereka mengkafani mushab bin umair "kami diperintahkan oleh nabi SAW untuk menutup kepalanya sedangkan kakinya ditutup dengan daun idzkhir"
Dianjurkan menggunakan kain putih, memberikan wangi-wangiannn, menggunakan kain kafan dengan hitungan ganjil dan menggunakan kain yang bagus tetapi tidak mahal. Dan jangan menggunakan menggunakan kain kafan yang mahal, menulisisi kain kafan dengan ayat al-qur'an dan jangan berlebih-lebihan. Ukuran mahal atau tidaknya kain kafan adalah melihat kain yang dipakai ketika masih hidup.

Itulah Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Dan Perempuan yang bisa kalian jadikan ilmu tambahan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Dari maz upin sekian dahulu. Wassalam






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?