Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan

Maz Upin tempatnya sumber informasi terlengkap yang belum pernah anda temukan di dunia nyata dan dunia hantu serta postingan yang keren abis

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan






Membuat Miniatur Ekosistem - Karena sebelumnya Maz Upin sudah berbagi tutorial membuat miniatur, kali ini kita akan berbagi tutorial membuat miniatur ekosistem. Apakah kamu penasaran? langsung saja, berikut ini penjelasan tentang apa saja alat dan bahan yang perlu kamu siapkan, sekaligus cara pembuatannya. Cekidot

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
"BACA JUGA: Kumpulan Tutorial Membuat Miniatur
Sebelum melanutkan, sekarang persiapkan terlebih dahulu apa yang kamu butuhkan. Ini hanya sebatas saran, jika kamu mempunyai ide lain bisa di manfaatkan.
  • Segelas wadah yang memiliki mulut yang lebar dengan atau tanpa tutup (vas, guci apotek, atau ditutupi berdiri kue adalah beberapa ide)
  • Tanaman (untuk tanaman kamu tentukan sendiri)
  • Kerikil atau kecil batu
  • Arang aktif/pupuk organik (mendapatkan ini dari toko pembibitan atau hewan peliharaan)
  • Pot Tanah
Setelah beberapa alat da bahan diatas terpenuhi, sekarang lanjutkan pada proses pembuatannya. Inilah caranya yang harus kamu ikuti step by step:

Pertama memilih jenis terarium yang ingin kamu buat. Jika tertutup terrariums maka dapat berisi tanaman lebih lembab dan tropis seperti (eceng gondok dan tanaman yang membutuhkan kelembapan lainnya), sedangkan jika terbuka terrariums hanya bisa di tanamanmi tanaman pengering seperti kaktus dan succulents. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tanaman seperti succulents yang memiliki ekosistem kering, mungkin kamu harus menambahkan beberapa pasir untuk terarium Anda.

Tutorial Membuat Miniatur Ekosistem Hutan:

  1. Bersihkan wadah terrarium secara menyeluruh (jangan menggunakan diterjen)
  2. Masukkan kerikil atau kecil batu setidaknya 2 inci atau mengisi sekitar ⅓ dari wadah (tergantung pada ukuran).
  3. Selanjutnya tambahkan ½ lapisan inci arang/pupuk
  4. Masukkan pot tanah baik untuk mengisi terarium Anda sekitar setengah atau sekedar cukup untuk menutupi akar dari tanaman (contoh: jika tanaman kamu kemungkinan mempunyai akar tunggang 4 inci Anda akan membutuhkan setidaknya 4 inci dari tanah)
  5. Masukkan tanaman yang sudah kamu siapkan. Disarankan untuk memotong akar tanaman agar tidak terlalu panjang/banyak
  6. Pastikan tanahdipadatkan di sekitar tanaman kamu. Jangan meninggalkan kantong udara dalam tanah kamu. Jika kamu mengalami kesulitan penanaman karena bentuk terarium kamu mencoba menggunakan sumpit atau penjepit untuk membantu kamu menaru tanaman.
  7. Berikan air pada tanaman

Pemeliharaan Miniatur Ekosistem

Jika kamu menanam tanaman air maka kamu harus memriksa secara teratur kadar air berdasarkan kebutuhan air mereka, tetapi jangan terlalu banyak memberikan air. Jika menggunakan terarium tertutup pastikan untuk memungkinkan wadah dan tanaman diberi udara keluar, setidaknya sekali mingguan atau bulanan tergantung pada tanaman kamu. Tempatkan terarium kamu di mana tanaman Kamubisa mendapatkan posisi yang tepat dari sinar matahari. 

Take It Selanjutnya

Cobalah menambahkan beberapa hiasan dekoratif untuk terarium Anda. Mereka bisa menjadi kerang laut, angka keramik kecil, atau pohon cemara!

Berikut contoh-contoh miniatur ekosistem yang bisa kamu jadikan referensi:






Sekian dari Maz Upin, semoga dapat membantu anda untuk menemukan ide-ide yang lebih kreatif, Semoga artikel tentang Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan ini dapat bermanfaat, Bila perlu di share ya gaes? hehe. Wassalam






>
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Menurut anda gimana artikel yang kami berikan?